Jun 8, 2009

DateTime picker with jCalendar

Lagi pengin nulis lagii nich...... btw klo basi dimaklumi saja ya.... karena saya kan bukan spesialisasi J2SE.
Jadi ceritanya saya kan lagi bikin aplikasi untuk perhitungan penjualan pulsa elektronik, sederhana dan gak mutu sih..... karena memang tidak niat bikin. Kebetulan kemarin kan ada tawaran untuk bikin aplikasi BMT, udah pernah ketemu sama yang tertarik, ngobrol ngalor-ngidul (tapi sayang sampe hari ini blom ada kepastian untuk bikin apa tidak, tapi sante saja.....). Abis ngobrol (harus selalu berpikir positif lahh walau belum jelas), akhirnya saya memutuskan untuk mempersiapkan teknologi apa yang akan saya gunakan untuk bikin aplikasi BMT tersebut. Nah.... sebagai bahan percobaan dan belajar, akhirnya saya bikin aplikasi perhitungan penjualan pulsa elektronik. Jadi walaupun aplikasi ini sederhana buaaanngggeettt.... tapi teknologinya Insya Alloh gak kalah dengan teknologi perbangkan yang cukup maju, karena saya udah menerapkan teknologi table locking, stored procedure, dan database error handle, seperti layaknya aplikasi multi user yang dipake cukup banyak pengguna.
Tapi kok pembahasan malah ke aplikasi penjualan pulsa sih.... bukannya nich post mau bahas masalah DateTime Picker? Heheheheh iya...yaa..... aplikasi penjualan pulsa akan saya post tidak lama lagi lah.... termasuk teknologi dsb-nya, sante ajah gratis (walau di beberapa bagian saya lock hanya untuk versi berbayar, heheheh ikhtiar lah... mbok bisa beli mobil ckckckckckc).
Ok balik maning nang tema. Gak tahu kenapa object-object yang ada pada Netbeans 6.5.1 untuk J2SE tidak ada fasilitas untuk mengambil data tanggal dan waktu tidak seperti pada J2ME. Tetapi saya pikir J2SE mungkin tidak menyediakan object tersebut, karena pada kenyataanya dibutuhkan object buatan pihak ketiga untuk menyediakan fasilitas tersebut. Saya menggunakan object jCalendar yang dikembangkan oleh Kai Toedter dengan versi v1.1.4.
Untuk menggunakan jCalendar, hal yang pertama harus dilakukan tentu saja mendownload jar file nya di http://www.toedter.com/download/jcalendar.zip, untuk selanjutnya di extract ke folder project. Kemudian ikuti langkah berikut :
1. Import jCalendar jar file ke project.
- Click kanan pada project lalu pilih properties.


- Pilih Libraries dan pilih "Add JAR/Folder".

- pilih jCalendar jar file.


2. Import jCalendar object ke Netbeans Palette.
- Click kanan pada window Netbeans Palette dan pilih "Palette Manager.."

- Pada window Palette Manager pilih "Add From JAR.."

- Pilih jCalendar jar file.

- Pada wondow selanjutnya pilih semua object yang ada.

- Pilih dimana object akan ditempatkan dalam susunan Palette.


Sekarang jCalendar sudah bisa digunakan dalam project J2SE kamu.

I-Q Tilman said...

nyedot aaahhhhhh.....wkwkwkwkwk

FodedoKadoi said...

terimaKasih() banyak sekali..anda baik sekali mau me nge post

FodedoKadoi said...

makasih banyak...anda baik sekali mau...

NR Technology said...

Sandy -> yaa..... harus berbagi lah.... semoga bermanfaat

Powered by Blogger.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search